Monday, July 14, 2008

persiapan, pentingkah itu?(2)

persiapan selalu dilakukan di awal sebelum kita menyelesaikan rencana pekerjaan kita.
Penting sekali bagi kita para guru, murid, pekerja, ibu rumah tangga, pebisnis, dll untuk dapat melakukan apa yang saya sebut persiapan "nge-POL!"
Mari kita ambil kasus dua orang siswa SMP3, emoh dan mario di mana tingkat intelektual mereka kita katakan tidak jauh berbeda.

emoh tahu dirinya akan menghadapi ujian kelulusan tahun depan dan berpikir bahwa ujian masih lama jadi tidak perlu mempersiapkannya sekarang, dia berpikir," nanti ah, masih banyak waktu"dan dia akhirnya menunda untuk mempersiapkan dirinya sampai tinggal bebrapa minggu lagi ujian tiba baru dia akan mempersiapkan dirinya.

mario tahu dirinya juga akan menghadapi ujian kelulusannya tapi ada beberapa hal yang dilakukan mario yang tidak dilakukan oleh emoh yaitu:
1. Mario mulai mengumpulkan buku2 catatan2 dan latihannya dari kelas 1( yang jelas sudah di siapkan dengan di simpan baik2 untuk saat ini)
2. Mario mulai mengumpulkan data2 bahan2 yang akan di ujikan di tahun depan, baik dari senior2, guru2, melakukan research di internet, atau dengan membeli buku2 tambahan.
3. mario mulai merencanakan banyaknya waktu (bisa dengan membuat timetable) yang diperlukan untuk membaca, mengerti dan melatiih ulang semua pelajaran2 terdahulunya yang akan diujikan.
4. mario menjalankan rencana2nya dengan baik dan konsisten.
5. dia mengikuti bimbel dan bahkan dia mengajak teman-temannya untuk membuat suatu kelompok belajar!"
Nah dalam kasus mario inilah yang saya maksud dengan persiapan nge-POL!

di dalam ilustrasi di atas jelas sekali terdapat perbedaan yang mencolok dalam hal yang kita sebut PERSIAPAN!.

pada akhirnya mario akan lulus dengan baik bahkan mungkin predikat,"lulus dengan sangat memuaskan" bisa disematkan padanya dan saya rasa para pembaca juga pasti bisa menebak apa yang mungkin terjadi pada emoh, paling-paling yang bisa kita katakan padanya hanya," yah, banyak2 berdoalah moh!".
kiranya tulisan ini bisa menambah pemahaman kita akan arti persiapan yang sebenarnya, thanks.

2 comments:

Anonymous said...

keren loh blognya... i really like the content... but you forget one thing loh... something yang i can't forget trus yang koko keep saying to me.... do you remember? menurutku sih... koko baru nulis half of the important point... koko ud nulis persiapan2 yang harus di ambil... tapi koko gag nulis gimana waktu kita ngadapin tesnya... iy gag?
ud inget blom?
itu loh yang tidak ada soal yang sulit "hanya ada soal yang membutuhkan waktu lebih lama dari yang lain..." kata2 itu selalu aku inget loh.. n berguna bgt... it encourage me kalo bikin soal susah...hehe...
itu aj d comment dari aku... kapan2 aku kasih lagi d... Grace

mamo. said...

yes you are correct grace for "that part" and i will write about that..thanks

it's free....

if you find any difficulties in math, please don't hesitate to contact me, please send your question to hi-mamo@hotmail.com i'll do my best.

the easiest way to SPREAD your site.