Saturday, August 9, 2008

saya tahu warna topi saya, kok bisa?

ada 3 ahli matematika berdiri berbaris( orang pertama menghadap punggung orang ke-2, orang ke-2 menghadap punggung orang ke-3), ada 3 topi merah dan 2 topi putih dan pada masing-masing akan dikenakan sebuah topi, lalu sisa 2 topi di buang(mereka tidak tahu warna topi yang di buang dan yang dikenakan mereka), mereka akan diminta untuk menebak warna topi mereka tanpa bertanya kepada masing-masing temannya. lalu saya bertanya kepada orang pertama," apakah kamu tahu warna topimu?", dia bilang,"tidak". kemudian saya tanya lagi kepada orang ke dua dengan pertanyaan yang sama dan dia juga bilang tidak tahu. tiba-tiba orang ketiga berteriak,"saya tahu warna topi saya!", lho kok bagaimana bisa?

jawabannya...

karena orang pertama tidak tahu warna topinya, sedangkan dia bisa melihat ke dua topi temannya yang di depan dia, maka orang ke-3 dapat memastikan orang ke-dua dan dia( orang ke -3)kedua-duanya tidak memakai topi warna putih, jadi ada 2 kemungkinan warna topi mereka, yaitu:
1. kedua-duanya merah atau
2. satu pakai merah dan satu pakai putih.
orang kedua juga tidak tahu warna topinya, sedangkan dia bisa melihat topi orang ke-3, maka dapat dipastikan bahwa topi orang ke-3 bukan berwarna putih(kalau putih, maka berdasarkan jawaban orang pertama, orang kedua akan tahu apa warna topi dia, yaitu merah), berarti orang ke-3 memakai topi merah, sehingga orang kedua ada dua pilihan untuk warna topi yang dikenakannya yaitu bisa merah atau putih, sehingga dia tidak bisa menebak warna topinya.
jadi orang ke-3 tahu warna topinya warna merah.

No comments:

it's free....

if you find any difficulties in math, please don't hesitate to contact me, please send your question to hi-mamo@hotmail.com i'll do my best.

the easiest way to SPREAD your site.